Senin, 25 Februari 2013

Stop Motion


S
top Motion terdiri dari dua kata yaitu STOP yang berarti berhenti dan MOTION yang berarti gerakan / bergerak. Teknik ini menggunakan  prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Namun yang membedakan disini adalah cara menghidupkannya / animatenya. Jadi dapat disimpulkan Stop Motion Animation adalah teknik membuat animasi / Film / movie yang dibuat dari potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lain nya sehingga membentuk suatu Gerakan bahkan Cerita.
Animasi yang dibuat menggunakan stop motion akan terlihat tidak semulus aniamsi biasanya, karena setiap framenya merupakan gambar yang berdiri sendiri dan seolah patah-patah.
Dalam perkembangannya, stop-motion berkembang ke arah claymation. Dimana objek-objekanimasi terbuat dari bahan-bahan sperti clay. Dalam pengambilan gambar juga tetap menggunakan prinsip stop motion.



SEJARAH SINGKAT ANIMASI STOP MOTION (JOKO SUGIONO, 2011)

Stop motion memiliki sejarah panjang dalam film.stop motion sering di gunakan untuk menunjukkan benda bergerak seolah olah benda itu bergerak dengan sihir.orang yang bisa bilang mendapat pengakuan untuk penciptaan stop motion kali pertama adalah Albert E.Smith dan J.Stuart Blackton dalam animasinya yang berjudul The Humpty Dumpty Circus yang di buat pada 1897.dalam animasi itu ditampilkan sirkus akrobat yang terdiri atas mainan dan binatang mainan. Sayangnya,dokumentasi animasi itu hilang sehingga tidak ada yang pernah melihatnya lagi.
Pada 1902,film Fun In A Bakrey Shop yang di buat oleh Edwin S.Porter sudah mengunakan teknik stop motion.beruntung dokumentasinya sekarang masih bisa di lihat di youtube di http://bit.ly/mRDjip.

(Left: J. Stuart Blackton ; Right: Albert E. Smith)

Selain di gunakan di film, stop motion juga di gunakan di dunia periklanan,video musik,hingga astronomi. di dunia astronomi,teknik stop motion di pakai untuk memotret analemma matahari,yaitu jejak matahari di langit pada setiap hari yang sama selama setahun dan dilihat dari posisi yang sama di bumi. Kini,meskipun pengunaan teknik stop motion sudah berkurang karena digantikan dengan teknik animasi digital 3D,masih banyak seniman dan artis yang berkarya dengan stop motion.

Menurut (Johan Felisitas, 2012), animasi stop motion memiliki kekurangan dan kelebihan sebagai berikut:

Kelebihan Stop Motion Animation:

-         - Siapapun dapat membuatnya
-         - Tidak diperlukan bahan yang mewah. Biasanya menggunakan malam / papercraft / clay
-         - Minimal hanya butuh dua peralatan, yaitu kamera dan tripod

Kelemahan Stop Motion Animation:

-         - Proses pengerjaan lama
-         - Konsep harus matang
-         - Diperlukan ketelitian dan pengerjaan yang tekun
-         - Keterbatasan gerakan objek


Frame dalam Stop Motion

Frame dalam stop motion merupakan gambar statis dalam keseluruhan kumpulan frame itu sendiri. Karena stop motion merupakan kumpulan gambar yang bergerak dan berubah berkesinambungan. Penggunaan frame disini adalah sebagi elemen utama dimana gambar statis merupakan frame itu sendiri, diatus sedemikian rupa dalam satu detik, sehingga menghasilkan frame per second (fps), atau singkatnya dapat dikatakan sebagai gambar per detik.

Cara kerja animasi stop motion

Animasi stop motion terdiri frame yang berbentuk gambar statis. Kumpulan frame ini yang akan disusun dalam satu detik sehingga membuat pergerakan yang berkesinambungan. Animasi stop motion yang menggunakan clay atau biasa dikenal sebagaiclaymationjuga menggunakan prinsip yang sama. Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay/tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gamabrnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak . Contoh animasi yang menggunakan teknik ini adalah Nightmare Before Christmas, serta tayangan MTV: Celebrity Death Match. (Agevisual Indonesia, 2008)



Contoh Animasi Stop Motion diambil dari blog pamnh-iluminacion.blogspot.com


Perkembangan Animasi Stop Motion

Teknik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.(Agevisual Indonesia, 2008)

Teknik animasi stop motion yang terus berkembang adalah teknik claymation, yang telah menjadi trend dan terus berkembang.

Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks, yang sempat hadir di Jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula Nightmare Before Christmas karya yang Tim Burton yang terkenal dengan film Batman dan Edward Scissorhands. Sejauh ini perkembangan stop motion animation di Indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.




Contoh film animasi Claymotion "Shaun The Sheep" (sumber: www.fanpop.com)
Animasi Shaun the Sheep ini bercerita tentang seekor domba yang memiliki kecerdasan seperti manusia, kreativitas, dan tingkah laku dalam lingkungan peternakan.



Berikut ini adalah Claymotion dari kelompok kami.



Sumber: 



0 komentar:

Posting Komentar